Senin, 27 Juni 2011

My Karya alias Hasil Kerjaan Gue


Huuft,,setelah beberapa hari tak berdaya dimakan usia, akhirnya bisa posting lagi..postingan kelima di bulan ini. Padahal dah tanggal 28 neh..
“Maen itung2an bgt sih Loe Qan, santae aza kalii...”, sela salah seorang martabakers pemula.
“Loe ga tau ya, klo gue dah sesumbar bakal bikin 10 postingan bulan ini, gue ga kepikiran kalo bakal ada final alias UAS selama 2 minggu, yang bikin waktu gue buat posting terkuras.”
“Itu DL Qan,, DL..”, Huda ikut menimpali.
“Iyaa, DLL tu, Derita Loe Laah”, sambung Azhmi.
“Oke2, mau dibilang ini derita toh jujur gue pribadi justru menikmatinya, walaupun semestinya ini saat2 paling krusial bagi gue, dalam waktu 2hari kudu bikin 5 postingan again. Tapi gue ngerasa punya cadangan di saat2 terdesak.”
***

Oke, kali ini kita kurangi basa basinya, tema postingan kali ini agak berbeda dengan postingan sebelum2nya, so ini bukan posting gaje2an gue, bukan juga cerpen gaje yang semestinya sudah bertransformasi menjadi cerbung gaje.ini postingan about kuliah gue, bingung mau kasih label apa yaa, tapi yaa udah laah,,berhubung ini blog gaje gue, so gue kasih “gaje2an kuliah”. Tenang label ga mencerminkan isi, gue mau share about hasil2 kuliah gue, bisa aza ntar gue share juga laporan2 kuliah biar mensiasati makin banyak orang yang nyasar ke blog ini.haha
Aplikasi Identifikasi Burung Elang

“Weiizz,,berat amat Qan subjudulnya. Ga salah tuh??”
“Itu mah masih biasa, belum bisa dibikin judul skripsi. Haha”
Gue mau nampilin hasil karya gue, bukan karya pertama gue sih, tapi karya yang bisa dibilang bikin gue cukup puas dengan segala usaha yang udah gue lakuin buat ngelarin ne program.
Bayangin aza, dikala temen2 gue yang laen asik bermain di dunia mimpi, gue kudu berjibaku dengan delphi. Coz besok sore mesti dikumpul. Gue pun terpaksa tidur buat tetap ngejaga fisik gue karena kalo gue ga salah ingat paginya ada kuliah, klo gue paksa ga tidur bisa berabe pas kuliah pagi. Sepulang kuliah pagi itu gue bergegas ke rumah, nyambung kerjaan gue yang belum kelar.
“Itu sih Loe-nya aza yang doyan ngerjain sambil ngerahin kemampuan kepepet loe Qan”, Huda semakin menjadi2 gaya sok ahlinya.
“Oke2, gue mank salah kala itu, gue baru dapat inspirasinya pas malam buat bikin program tentang identifikasi elang, “
“Tugas apaan sih Qan, gue jadi bingung baca postinbgan loe yang ini”, kali ini martabakers yang bukan anak ilkom yang nanya #sebut aza “Bunga”
“Gini Bung, ini tugas mata kuliah yang kata gue dipostingan sebelumnya mata kuliah dengan nama keren, “Artificial Intellegence” alias “Kecerdasan Buatan”, materi yang ditugaskan kali ini tentang “sistem pakar”.
“Apaan tuh “Sistem Pakar”?” , bunga bertanya lagi.
“Sistem Pakar itu membuat aplikasi pengganti Pakar, ya singkatnya seperti itulah, kita diminta menggantikan seorang pakar dengan alikasi ini, so nanti aplikasinya akan memberikan beberapa pertanyaan yang dibagian akhir akan menunjukkan hasil dari semua pertanyaan yang disampaikan sebelumnya. “
Sebenarnya yang bikin gue lama ngerjaen neh program bukan dibagian coding or desain, gue nyeleseinnya Cuma setengah hari untuk dua hal ini, yang bikin gue lama mpe susah tidur itu adalah bagian pembuatan rule, dari ngumpulin bahan, nentuen hasilnya apa aja, terus bikin pertanyaan , nentuen alur dari pertanyaan alias skema programnya itu yang bikin gue layaknya orang kebakaran jenggot #bayangin aza sendiri gimana gue kebakaran jenggot, jenggot gue aza bisa diitung make jari.
Karena harus nyelesein pembuatan program bagian  coding n desain akhirnya gue telat kuliah, untungnya dosennya ada agenda laen sehingga kuliah berakhir cepat dan tugas dikumpulkan aza, gue pun bergegas menemui Dani buat ngumpul tugas. Rekor pun tercipta, karena terlalu bermain di desain, program gue sukses menyabet gelar program paling gede kapasitasnya. Bukan sebuah prestasi yang membanggakan tentunya buat seorang programer ganteng kaya gue.
Ketika sampae hari untuk mempresentasikan program hasil kerjaan masing-masing buat nentuen nilai MID, Allah masih memberi jalan buat gue untuk memperbaiki program hasil kerjaan gue, karena nim gue paling akhir so hari pertama presentasi nama gue ga dipanggil. Terus dihari2 selanjutnya cuaca begiitu mendukung karena setiap hari selasa sore hujan lebat, or kalo ga ujan dosennya berhalangan hadir. Dengan keadaan  ini  Dani sempat dikandidatkan sebagai KOTI mata kuliah favorit. Hal ini mungkin tak lepas juga oleh peran Azhmi sebagai pawang hujan
Maaf deh, gue akui gue dah mulai ngomong ngawur. Kembali ke topik. Setelah beberapa pekan penundaan, akhirnya gue bisa memperbaiki program gue, yang sebelumnya mencapai 80’an MB bisa gue minimalisir menjadi beberapa puluh MB, walaupun masih terkesan gede n berat, tapi gue rasa ini sudah cukup untuk program sekelas ini.
Oke, kali ini gue kenalin hasil kerjaan gue, neh tampilan awalnya :

Ini tampilan pertanyaannya :
Dan ini tampilan hasil :

Ada yang berminat??
Or mau nyoba secara langsung?
Tenang gue baik hati n ga sombong  kok. Tuh program bisa kalian download di sini :


#Mohon maaf jika masih ada beberapa kekurangan dalam program, kritik dan saran bisa langsung disampaikan di komentar


Cara nginstallnya
1.      Ekstrak dulu file hasil download’an
2.      Buka folder “Identifikasi Burung Elang”
3.      Buka folder “Express” trus pilih n buka folder “Custom”
4.      Pilih dan buka “Diskimages” pilih “DISK1”
5.      Double klik “setup”
Tunggu proses instalasi. Setelah semua berjalan lancar program bisa langsung dicoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

;