Selasa, 20 September 2011

Behind de Scene MartabakCorner

     Hmmm,,setelah lama ga nelurin postingan2 terbaik gue, akhirnya sekarang bisa mengudara lagi..Libur panjang telah berakhir.. teringat lagu anak2 dulu, “libur telah usai, libur telah usai,,hore hore hore....”.
     “Mank ada Qan lagu anak2 kaya gitu.?” , seorang teman bertanya 
      Ga usah peduliin pertanyaan di atas,kita lanjutin aza...
   
   Libur emang sudah berakhir,dan gue rasa ini saatnya kembali ke rutinitas gue sebelumnya, n mulai mengudara kembali di dunia tulis menulis. Hari ini gue langkahkan ne kaki menuju ruangan pribadi gue di kantor Martabak Blogs Community. Langkah kaki gue terhenti di depan ruang editor, 2 ruangan sebelah kiri dari ruangan gue “MartabakGoreng Room”..Dari dalam terdengar perdebatan serius..Gini nih klo keahlian nguping n ngintip gue bersatu padu,,dalam waktu sekejap gue udah tau kalo di dalam ruangan itu ada 3 orang,n setelah mencoba mengingat2 ternyata itu adalah si Rizqan selaku ketua IKAMADA, disampingnya duduk si Eqon selaku admin blog IKAMADA-IPA n yang terakhir tentunya boz Martabak Blogs Community.  Alur pembicaraannya mereka bertiga tertuju pada sebuah proposal kerjasama antara IKAMADA dengan MarBloComm, setelah gue coba terawang, isi proposalx sih mau membuat terobosan pengenalan IKAMADA, media yang diharapkan sih media mading, karena blog IKAMADA sendiri sedang mengalami krisis penulis berpengalaman, sehingga walaupun dilihat dari statistik blog banyak pengunjungnya, tapi secara teknis info2 yang disebarkan tak mengenai sasaran, karena orang2 IKAMADA sendiri terlihat belum mengenal salah satu media yang begitu dibangga2kan ini.

      Berhubung Eqon selaku admin blog IKAMADA akan segera melanjutkan studi ke mata kuliah pilihan a.k.a matkul jurusan “multimedia” yang tentunya akan banyak menyita waktux dengan berbagai media yang multi sebut saja banyak, sehingga waktunya untuk mengurus blog IKAMADA akan segera berkurang.
     Pembaca yang budiman ga usah risau ataupun khawatir dengan kepergiannya, karena itulah proposal kerjasama dibuat, agar gue si penulis gaje dari tengah timur n selatan kalimantan ini akan berusaha menemani kalian. Bos MarBlogComm pun menyutujui klausul yang sudah diajukan, tapi dengan catatan diberi label “MartabakCorner” n untuk penerbitan pertama masih menggunakan postingan yang sudah lumayan lama,hal ini dilakukan untuk melihat respon pembaca, penilaian, kritik n saran sangat diperlukan disini,sehingga masa depan MartabakCorner akan semakin jelas., dan untuk tahap awal, target pengenalan mereka yaitu siswa siswi kelas IPA MAN 2 Martapura. Respon dari pembaca awal inilah yang sangat diharapkan, demi kelanjutan MartabakCorner (kok kayanya diulang-ulang yaa).
     Setelah bersama2 menandatangani surat perjanjian kontrak, akhirnya gue dipanggil ke ruangan Bos, disana gue dijelaskan panjang lebar kali tinggi hingga menjadi volume tentang program baru Martabak Blogs Community yaitu “MartabakCorner” yang merupakan wujud kerjasama dengan IKAMADA, ada beberapa pertanyaan tentunya yang sangat ingin gue jabarin, gue menanyakan kepada Bos gue aza terlebih dahulu.
    “Bos, kenapa namanya mesti “MartabakCorner”, bukankan Marding a.k.a MartabakDinding, or MartabakBakar, MartabakCeplok,MartabakGosong,hingga MartabakKuah lebih menarik perhatian?”
     Bos gue dengan santainya menjawab sambil menempelkan jari telunjuk ke idung gue, tentu saja hal ini membuat hati gue semakin ga karuan, rada cenat cenut kaya badut gitu deh.. apa ada nasi yang nempel di hidung gue apa dia mau bantu ngeluarin upil dari idung gue.. yang pasti apapun hasil; akhirnya bukan kedua pilihan jawaban diatas yang terpilih, mungkin karena ada pilihan ketiga.
     “Hmm, setelah melihat proposal yang diajukan, gue Cuma pengen nonjolin klo sesuatu yang disudut itu ga kalah seru dari bagian inti, dalam permainan sepakbola, tendangan sudut punya nilai tersendiri bagi kiper dan jajaran bek lini belakang, saat2 musuh melakukan tendangan sudut itu kadang menjadi saat krusial bagi kedua tim, lihat saja saat MU mengalahkan Bayern Muenchen tahun1999, dua tendangan sudut David Beckham turut andil dalam terciptanya dua gol MU di masa injury time babak kedua.”
      “Lhoo,,kok jadi ngomongin bola sih Bos.?”
     “Oouh iya ya,sory gue khilaf, Naaah, seperti itu juga, walaupun mungkin ntar hanya akan mengisi sudut2 mati mading kelas or sudut2 kelasnya sendiri, tapi gue harap MartabakCorner bisa menghidupkan suasana disudut2 hati para pembacanya, sudut2 yang tentunya akan sulit dijangkau, tapi menjadi tantangan bagi kita untuk menjangkaunya.” #eyaaa
     Waaah,urusan berkata2 gue sih kalah ama Bos,pengalamannya makan bangku sekolah mungkin menjadi pengalaman paling sakit dalam hidupnya,pasti dia sangat kelaparan hingga bangku sekolah pun diembat dan dijadikan cemilan.Apa bangku sekolah itu cemilan yang kriuk-kriuk..? batin gue bertanya
     Selanjutnya gue bertanya kepada Ketua IKAMADA, “Dengar2 ente dah mau turun jabatan ya, apa dengan mengajukan proposal ini ente berharap bisa ngumpulin dukungan suara buat kembali memilih ente ya.?”
     “Waaah, ente klo ngomong hati2 yaa, ane udah sangat siap turun jabatan, da satu hal yang ane bingung, ane lupa cara turunnya. Terus yang jadi pikiran ane lagi adalah laporan pertanggungjawaban ane ga diterima sehingga masa aktif jabatan ane diperpanjang, proposal kerjasama ini tak ada maksud untuk kampanye terselubung buat ngedukung ane, ane sangat berharap ada yang segera mengganti ane, jadi ane bisa berbagi cerita dengan pemegang tongkat estafet ketua selanjutnya, alasan lain ane ngajuin proposal kerjasama ini adalah biar menutupi proker2 ane yang tidak terlaksana dengan hal2 yang dilaksanakan diluar program kerja kepengrusan ane.”
     “Ouc gitu yaa,,terus gue mau nanya ke Eqon (salah satu admin blog IKAMADA) nih,,apa loe ga takut jatah kerjaan loe gue ambil.?”
     “Ahh gapapa kok,, gue juga kudu nerusin kuliah gue,lagian qta penulis beda aliran, kegajean loe diperlukan dalam hal ini, tulisan gaje loe diharapkan bisa meningkatkan mualitas sehingga rasa mual yang melanda mereka setelah membaca tulisan loe dapat segera mereka muntahkan menjadi karya2 tulisan mereka. Mereka bisa mostingin karya mereka di blog IKAMADA sendiri tentunya, or melalui IKAMADA Zone..ahaha”
Jiiah,,sekarang gue dapat kerjaan baru juga dapat gelaran baru “Pembuat rasa Mual untuk berkarya”
     MartabakCorner pun akhirnya terbit edisi perdana, 2 hari sebelum Mubes anggota IKAMADA,respon dari pembaca masih belum terlalu terasa. Semoga mereka bisa menerimanya.

     Dalam suatu kesempatan ada seorang Martabakers yang bertanya ke gue, gimana pendapat gue terhadap kerjasama ini.
     Jawaban gue simpel kok, “Emm,,Alhamdulillah gue diberi kerjaan tambahan, moga aja gajih gue makin meningkat, minimal dapat bonus laah,,ahaha..Gue seneng klo tulisan gue diterbitin dalam media yang berbeda, bukan media maya, tapi nyata. Siapa yang ga senang coba , klo tulisannya dibaca cewe2 cantik anak2 Jurusan IPA MAN 2 MTP ,,ahaha”
     “ Cwonya ga loe sebutin Qan, ntar pada marah loe,,”
     “Oouh iya,,tenang aza,,cowonya ga kalah cantik kok..” Lhoo..????

Sekian deh postingan gue hari ini, lama ga posting pasti martabakers dah ga sabar nungguen postingan2 gue, sebelum ada UU yang mengatur larangan bergaje ria di dunia maya maupun nyata, gue kudu meluapkan semua emosi yang ada hingga menjadi rentetan kata yang mengandung makna yang tak jelas, cos its gaje’s time....

7 komentar:

;