Selasa, 07 Februari 2012

Tugas Kuliah Gue #START

Cukup lama ga “nelurin” postingan akhirnya gue mengudara kembali..sebenernya pengen banget ng-share tentang liburan gue yang cukup menarik kaya pas Study Tour angkatan kemaren.. Tapi sayang kesempatan untuk menulis postingan kadang gue alihkan untuk mengerjakan hal lain yang ga kalah penting..Maaf buat kawan2 yang udah ga sabar nunggu postingan ST gue. #DihajarMassaKarnaSokDikangenin
Malam ini, di jam galau’nya mahasiswa2 dan muda mudi Indonesia, gue berusaha menyempatkan diri untuk membuat postingan pertama gue di tahun 2012 ini, Busyeeet daah, selama sebulan lebih di Januari hingga Februari ini gue ga ada bikin sepeser postingan pun,,Maafkan saya teman2…#mintaMaafLagi
Oke, masa-masa kuliah akhirnya kembali datang, baru dua hari ini sih perkuliahan digulirkan kembali. Tak banyak sks yang gue ambil semester ini. Kuliah di awal2 gini biasanya kan isinya Cuma kontrak kuliah, Oleh karena itu masih terlihat beberapa mahasiswa yang lebih memilih untuk menambah masa liburnya.
Untuk semester ini, ada 1 mata kuliah yang menarik minat gue. Yakni matakuliah “Framework Pengembangan Aplikasi Internet”, sesuai dugaan gue, ini matakuliah tentu akan sangat menantang untuk dihadapi. Dari judulnya aza sudah menimbulkan tanda Tanya di otak gue, apa itu Framework, kenapa dia diiringi kalimat pengembangan aplikasi internet. Gue mulai bertanya2 ketika mengisi KRS, bakal semenarik apa ini matkul.
Hingga akhirnya tadi pagi menjelang siang, kuliah pertama untuk matkul ini dilangsungkan. Gue yang masih rada mengantuk setelah begadang malam sebelumnya memutuskan untuk tidur sebentar setelah kaka n ade gue berangkat ngajar n pergi ke sekolah. Kala terbangun gue terkejut karena ga nyampe setengah jam lagi tu matkul dimulai. Untungnya gue make pompa air yang semburannya kenceng sehingga mandi bisa cepat difinishkan. Tanpa memperdulikan isi perut yang udah kosong, gue Cuma makan sesuap nasi, kalah banyak sama ayam gue yang gue kasih bersendok2 nasi. Gue segera berangkat, dengan menggunakan kendaraan “belalang tempur” gue. Sesampainya di kampus sudah bisa diduga gue bakal telat. #nasibNasib 
<skip>
Seperti biasa awal perkuliahan isinya kontrak kuliah, tapi untuk matkul Framework ini cukup berbeda,karena dosen memberikan bonus yang begitu menggiurkan untuk mahasiswa yang sedang lapar kaya gue. Sebelum mengakhiri perkuliahan Pak dosen menyampaikan sesuatu yang membuat mata Huda yang hari ini berperan sebagai penyusup berbinar2. Dia gue bilang penyusup karena dia tidak menuliskan matkul ini di KRS’x,mungkin niat revisi KRS nih anak.
Pak dosen menantang mahasiswa yang awalx berupa kesebelasan dengan 1 cwe di dalamnya, tapi bertambah menjadi 12 karena si Huda sang Penyusup akhirnya mendeklamasikan diri untuk mengikuti matkul ini. Siang tadi pak Dosen menantang kami yang berdua belas dikurang 3 orang yang ga hadir itu untuk membuat sebuah project menggunakan CodeIgniter dan JQuery. Belum gue memahami maksud beliau, beliau kemudian melanjutkan bahwa waktu pengerjaan projectnya 1 bulan dan sampai jam 12 malam ini yang berminat mengerjakan project bisa memberikan idenya untuk ditinjau dulu oleh dosennya. Tawaran yang beliau ajukan lumayan menggiurkan siih, yang selese mengerjakan projectnya dapat nilai A dan boleh tidak melanjutkan kuliah,UTS dan UAS. Karena bikin project itu selama sebulan saja sudah cukup untuk memahami semua materi kuliah. Tetapi jika dalam waktu yang ditentukan tidak selesai, maka tetap harus mengikuti kuliah,UTS, dan UAS. Lumayan juga sih daripada klo ga selesai langsung disuruh ngambil matkul itu lagi tahun depan,haha.
Dalam waktu beberapa jam yang tersisa hingga jam 12 malam, gue semestinya langsung berpikir membuat proyek apa, tapi karena gue juga harus ngurus magang akhirnya waktu gue cukupterbagi, praktis baru sore gue mulai memikirkan ide proyek. Itupun ba’da magrib baru benar2 memikirkannya.
Setelah berpikir cukup keras akhirnya pemikiran gue tertuju pada sebuah ide awal yang menurut gue lumayan mudah untuk dikerjakan sebulan. Segera gue merangkai kata untuk dikirimkan ke dosen via email. Tapi email balasan dari beliau benar2 menggalaukan seisi tanah air diri gue. Ide yang gue rancang2 dengan melakukan studi kasus dadakan dinilai terlalu sederhana dan kurang fitur, gue diminta mengganti atau menambahkan fitur lagi. Maunya sih nambahin fitur, tapi gue juga bingung untuk mengembangkannya.
Ternyata proyek kali ini berbeda dengan proyek2 yang gue hadapi sebelumnya, karena biasanya kan ngerjaen proyek dlu baru presentassi, kali ini ngajuin ide dlu, klo diterima baru boleh lanjut.
Karna bingung untuk menambahkan fitur, gue coba cari ide lain yang akhirnya mentok pada proposal Matkul Metode Penelitian gue semester kemaren. Gue coba ajukan, ternyata masih ditolak karena metode yang gue ajukan sudah terlalu umum, ide gila gue mulai bekerja, sesegera mungkin gue searching mencari ke pelosok2 google yang metodenya ga terlalu familiar dengan judul gue. Alhasil gue punya dua pilihan metode, dan Alhamdulillah keduanya diterima.
Masalah ga selese sampe disini sih sebenernya, karena jujur setelah judul ide gue di terima dan siap dilanjutkan, gue bingung bagaimana melanjutkannya. Haha
Sekedar info ini ide gue “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan di SMA/MAN menggunakan Metode GAP”
Dan ini email balasan pak dosen setelah gue mengajukan menggunakan metode GAP. “saya baru dengar GAP. tapi kayaknya menarik untuk direalisasikan. silakan pake GAP, jika metode tsb memungkinkan”. Sekarang gue yakin ini metode udah cukup ga umum alias khusus. Sekarang dengan waktu 1 bulan gue harus mengerjakan tugas yang levelnya menurut gue di atas kemampuan gue. Karena ini udah selevel TA. Lihat aza nih tweet kaka tingkat gue pas tau apa judul gue
Ntah bisa dibilang ini testimony atau apa,haha




"Sebelum ngasih ide gue benar2 merasa TERTANTANG, setelah ide gue disampaikan dan diterima, gue merasa TERHUTANG."
Sekarang mungkin sudah saatnya gue menyampaikan pesan2 terakhir untuk postingan ini.
1)    Jika kalian udah pernah belajar CI,jQuery or metode GAP di atas, punya referensi or mau ngajarin gue. Dalam 2 minggu sejak postingan ini diterbitkan kalian bisa share di komen or langsung menuju FB or Twitter gue untuk berbagi ilmunya.
2)   Jika kalian yang udah baca postingan lumayan panjang ini,dan kalian menemukan gue GALAU about tugas ini di FB or Twitter gue, tolong ingatin gue untuk bersegera bangkit dan menyelesaikannya.
3)   Jika cara dengan mengomen or ngemention gue belum sukses, bersegeralah menuju rumah gue, untuk nyadarin gue kali aza gue udah tepar tak berdaya. Haha..kalo ke rumah jangan lupa bawa makanan yang banyak untuk mengisi full energy gue.
4)   Jika metode diatas belum berhasil juga, Sebelum tanggal 25 Februari 2012 tolong cariin gue KRS untuk revisi matkul. Haha.. gue mau nambah matkul ambilan dengan sks yang ada, sayang aah mereka ga gue manfaatin kayax..ha
Haha,,,dari 4 pesan gue itu, Cuma pesan 1 n 2 yang benar2 gue harapin dari rekan2 pembaca sekalian. Poin ke3 n 4 itu Cuma pelengkap.
Sekian deh postingan gue. Semoga dibaca n ada yang benar2 berbagi ilmunya..

;